Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh anda

Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.- Orang sering kali lupa menjaga tubuhnya agar senantiasa sehat dan bugar. Rutinitas kerja yang tak bisa ditunda menjadi salah satu penyebab seseorang kurang minum air putih.

Idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh. Jadi air yang Anda minum itu akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.


Sehingga manfaat air putih untuk menjaga sistem tubuh sangatlah penting. Misalnya, manfaat minum air putih akan menetralkan  racun di organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung, dan tenggorokan. Tubuh yang kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga organ tubuh tidak berfungsi secara normal.

Manfaat minum air putih


1. Melancarkan saluran udara
Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini bisa membuat asma dan alergi lebih buruk.

2. Membersihkan sisa-sisa tubuh
Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan pembuangan air seni dan kotoran. Dari situ sisa-sisa tubuh akan ikut keluar bersama keringat, air seni dan kotoran. Atau yang biasa kita sebut dengan ekskresi

3. Membantu menjaga tekanan darah
Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, sehingga tekanan darah menjadi rendah. Dan air membantu dalam meningkatkan tekanan darah.

4. Mengatur suhu tubuh
Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh saat olahraga.

Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika air terlalu sedikit di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas. Cukup banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama latihan.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Usus membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Ini meningkatkan risiko sakit maag dan susah Buang air besar.

6. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit
Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Manfaat minum air putih sebelum tidur juga sangat bagus, di antaranya dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh melakukan proses pembaruan sel, tidur menjadi nyenyak, dan mendetoksifikasi dari berbagai racun dalam tubuh.

7. Melumasi sendi
Tulang rawan ditemukan di sendi dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80% air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan penyerapan goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.

8. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh
Darah lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

9. Sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya
Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Ini juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran seseorang

10. Membentuk ludah dan lendir
Saliva membantu kita mencerna makanan kita dan menjaga mulut, hidung, dan mata lembap. Ini mencegah friksi dan kerusakan. Minum air putih juga membuat mulut tetap bersih.


Itulah beberapa minum manfaat air putih yang bisa Anda rasakan jika minum tercukupi. Yuk mulai hidup sehat dan penuhi asupan cairan dalam tubuh. Jangan lewat kan info menarik dari fakta sehat murni yaa!!! Kawan

Post a Comment

0 Comments